OpenGL (Open Graphic Library) adalah suatu library grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat open source. Dapat dipakai pada beberapa platform (windows dan linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler, salah satunya adalah Microsoft Visual C++ 9 yang digunakan pada platform windows. Spesifikasi standar yang dimiliki oleh library ini mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi komputer dalam bentuk 2D dan 3D grafis.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics International (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group.
Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal OpenGL :
#include "stdafx.h"
#include <GL/glut.h>
void display(void)
{
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f (1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex3f (0.25, 0.25, 0.0);
glVertex3f (0.75, 0.25, 0.0);
glVertex3f (0.75, 0.75, 0.0);
glEnd();
glFlush ();
}
void init (void)
{
glClearColor (1.0, 0.1, 0.0, 0.0);
/* initialize viewing values */
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize (250, 250);
glutInitWindowPosition (100, 100);
glutCreateWindow ("irur");
init ();
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics International (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group.
Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal OpenGL :
- Pertama anda harus menginstall Microsoft Visual Studio 9 terlebih dahulu.
- Setelah Microsoft Visual Studio 9 diinstal, download beberapa library OpenGL yang bernama GLUT.
- Setelah didownload, extract file GLUT.zip tersebut.
- Copy file glut.h ke direktori C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC\include\GL (Tapi anda harus membuat folder terlebih dahulu yang bernama GL).
- Copy file glut32.lib ke C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC\lib
- Copy file glut32.dll ke C:\WINDOWS\system32
- Setelah file-file tadi sudah dicopy ke tempatnya masing-masing, untuk menggunakan library OpenGL pada sebuah project maka harus mengimport library glut dengan cara menyisipkan syntax #include “GL/glut.h”
- Setelah itu, barulah kita bisa mengetikkan perintah-perintah / syntax OpenGL.
#include "stdafx.h"
#include <GL/glut.h>
void display(void)
{
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f (1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex3f (0.25, 0.25, 0.0);
glVertex3f (0.75, 0.25, 0.0);
glVertex3f (0.75, 0.75, 0.0);
glEnd();
glFlush ();
}
void init (void)
{
glClearColor (1.0, 0.1, 0.0, 0.0);
/* initialize viewing values */
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize (250, 250);
glutInitWindowPosition (100, 100);
glutCreateWindow ("irur");
init ();
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
0 comments:
Post a Comment