Morphing/ perubahan bentuk pada komputer grafik


Hai brade,. Kali ini saya akan mengungkap apa itu morphing sebenarnya..,hehee
morphing adalah perubahan bentuk objek gambar secara bertahap. Morphing merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan dalam dunia entertainment karena efek dari morphing ini sangat menarik untuk diamati. Morphing memerlukan dua gambar, yaitu gambar awal dan gambar akhir. contoh morphing 2D yang sangat mendasar seprti berikut ini:


pada gambar diatas
  • (gb1) adalah persegi dan
  • (gb2) adalah segiempat tidak beraturan.
  • sedagkan gambar yang ada ditengah itu adalah objek transformnya yang merupakan transisi dari gb1 ke gb2
Morphing digunakan untuk membuat gambar yang merupakan gambar perubahan setiap satuan waktu dari gambar asal ke gambar hasil. Morphing secara sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan interpolasi linier.




Morphing suatu gambar merupakan hasil perubahan pada setiap verteknya, dengan kata lain morphing adalah proses perubahan koordinat x dan y atau z pada setiap titik dalam sebuah objek sehingga tercipta objek baru. Contohnya dari titik a1 berubah menjadi titik a’ dan selanjutnya menjadi titik a2. Misalkan obyek yang berada diantara obyek awal dan obyek tujuan adalah hasil morphing pada iterasi ke-n. Maka untuk mencari koordinat x dan y pada titik a’ digunakan rumus berikut :



Untuk titik-titik yang lain juga diproses dengan rumus yang sama seperti diatas. Nilai dari n tersebut juga akan terus bertambah sampai koordinat x dan y pada suatu titik obyek tujuan tersebut dipenuhi.
Pseudocode Algoritma pada fungsi interpolasi linier :

function interpolasi_linier(x1,x2,y1,y2 : integer):integer
var y:integer;
begin
   y:=(x(y1-y2)-(x1*y2)+(x2*y1))/(x2-x1);
   interpolasi_linier:=y;
end

0 comments:

Post a Comment